Kamis, 14 Februari 2019

Makanan Khas Indramayu yang Bikin Kangen Kampung Halaman

image_title
  • Rumbah Makanan Khas Indramayu
AURORA: Makanan khas Indramayu itu sangat beragam, dengan berbagai rasa yang unik dan bentuk yang menarik. Makanan tersebut sangat dirindukan oleh orang asli Indramayu yang sedang merantau di daerah lain atau bahkan di luar negeri.


Makanan asli Indramayu tersebut rasanya bervariasi, ada yang manis, asin, pedas, asam dan lain-lain. Berikut ini kami rangkum makanan khas Indramayu yang bikin kangen ingin pulang kampung.


Rumbah

Makanan khas Indramayu ini semacam gado-gado atau pecel. Tetapi uniknya rumbah di Indramayu, selain sayurannya yang terdiri dari kangkung dan taoge, ada juga semanggi, kacang panjang, pisang klutuk muda yang diberi bumbu sambal yang berbeda. Ada yang bumbu kelapa dan sambal kacang, sambal pedas, sambal ditambah terasi atau petis, dan lain-lain.


Nasi Lengko.

Nasi lengko memang tidak hanya ada di Indramayu tetapi di Cirebon juga ada, tetapi nasi lengko itu selalu ada di setiap kantin sekolah di wilayah Indramayu. Nasi lengkoh terdiri dari nasi putih yang ditambah dengan potongan tempe dan tahu lalu diberi timun yang diiri-iris dan tauge lalu disiram dengan sambal kacang dan kecap manis. Di atasnya diberi taburan bawang goreng.


Poci/Koci.

Makanan khas ini ada yang menamai poci atau koci. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diberi bumbu yang dibulat-bulatkan terlebih dahulu. Bumbu tersebut ada yang terbuat dari kelapa dan gula merah, kacang tanah yang sudah dihaluskan atau kacang ijo. Makanan ini biasanya harus ada saat ada hajatan atau lebaran.

BACA JUGA: Tampilan Status WhatsApp Akan Berbeda

Blengep Cotot.

Blengep yakni kudapan yang terbuat dari singkong yang dimasak terlebih dahulu lalu ditumbuk di dalamnya beri bumbu gula merah dan kelapa yang meleleh setelah dimasak, pada bagian luarnya diberi kelapa yang diiris kecil dan digoreng terlebih dahulu. Saat kue sudah matang dan dimasukkan ke mulut, maka gulanya akan keluar dan kadang muncrat atau bahasa Indramayunya cotot, maka tidak heran blengep ini disebut blengep cotot.

KLIK DISINI UNTUK SELANJUTNYA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

<< << << << Please Share If You Like >> >> >> >>