Selasa, 12 Maret 2019

Heboh Penampakan Awan Payudara di Langit

Awan payudara atau mammatus
  • Awan payudara atau mammatus
AURORA: Penampakan awan unik muncul di Australia. Kalau kemarin muncul awan tsunami di Makassar, Sulawesi Selatan, kini di negeri Kanguru muncul awan payudara.


Awan payudara ini muncul di langit Sydney dan diabadikan beberapa warga yang di sana. Salah satu yang mengabadikan awan payudara ini, yaitu Heather Handley, yang memostingnya di akun Twitter miliknya.


Penampakan awan payudara ini terlihat unik, polanya memang tidak persis membentuk alat vital kaum hawa tersebut. Awan payudara yang muncul di langit Sydney ini berupa gumpalan khas.


Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Siswanto menjelaskan, awan payudara yang muncul di Australia itu merupakan awan mammatus, termasuk jenis awan cumulus.


Awana cumulus di Indonesia jamak dikenal sebagai awan dengan pola berbentuk mirip bulu domba. Dalam dunia meteorologi, mammatus atau mammatocumulus berarti awan payudara. Nama mammatus diambil dari bahasa latin yakni mamma yang artinya puting atau payudara.

BACA JUGA: Gara Gara Ceroboh Peti Mati Jatuh, Jenazah Yang Ada di Dalam Sampai Menggelinding Keluar

Awan tersebut dinamakan mammatus karena bentuknya mirip dengan payudara wanita. "Dalam istilah meteorologi mammatus dipakai untuk bentuk gumpalan-gumpalan menggantung yang terbentuk di dasar awan," kata dia.

KLIK DISINI UNTUK YANG LAIN NYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

<< << << << Please Share If You Like >> >> >> >>